Rooting and Optimizing AndroMax V ROM 2.0.2

Halo Sobat BukaKotak, kembali BukaKotak ingin memberikan tips mengenai cara rooting androMax V dengan ROM terbarunya jellybean smartfren v2.0.2

Bila Sobat sudah mengupdate androMax V di gallery smartfren menjadi v2.0.2, maka silahkan melanjutkan tutorial ini..

Harap diingat bahwa kegiatan ini akan menghilangkan garansi ponsel Anda dan BukaKotak tidak bertanggung jawab akan kesalahan yang dilakukan saat mengaplikasian langkah ini!
Semua langkah ini sudah diuji oleh tim BukaKotak dengan hasil sempurna. Jadi ingat, LAKUKAN DENGAN RESIKO SENDIRI !!! 

Dikarenakan USB debugging di v2.0.2 itu di password, maka rooting yang paling mudah adalah menggunakan exploit boromir untuk type handset CPU MTK ini. Untuk hal tersebut, silahkan install framaroot (jgn lupa untuk enable unknown source supaya instalasi dapat di lakukan)

Framaroot

Buka framaroot, lalu pilih superSU kemudian tap di Boromir. Setelah itu Sobat akan melihat icon baru superSU sudah terinstall dan handset Sobat sudah memiliki akses superuser.

 

Kemudian langkah selanjutnya adalah menginstall custom recovery; bisa clockworkmod atau TWRP touch, silahkan pilih yang Sobat sukai, lalu copy file .img di root sdcard Sobat..

BukaKotak tidak membuat sendiri custom recovery tersebut, tetapi mendapatkannya dari sharingan para koprekkers di Internet,
clockworkmod di share oleh bro Antonius Fran Setiawan
TWRP touch di share oleh bro Abdul Aziz Amar

Untuk hal ini, cara paling mudah adalah menggunakan program Mobileuncle Tools, silahkan download dari Google Playstore.

Mobileuncle Tools

Buka Mobileuncle Tools lalu grant access root, setelah itu pilih recovery update. Akan terlihat di listing paling atas file .img clockworkmod atau TWRP touch yang tadi Sobat download dan copy kan di root sdcard, pilih custom recovery yang Sobat suka; jangan di install keduanya!! Setelah itu pilih Reboot Recovery.

Selamat, sampai disini Sobat sudah mempunyai custom recovery sehingga menjadi lebih mudah untuk backup/restore ROM Sobat, apabila ingin bereksperimen dengan custom ROM atau MOD..

 

Langkah optimasi selanjutnya adalah enable USB Debugging!
Singkat kata, USB Debugging ini berguna untuk adb via PC…

Perhatian, Langkah ini jangan dibalik karena akan menyebabkan bootloop!!

1. bypass USB debugging password melalui SQLite Editor (paid software di Google Playstore)

SQLite Editor

 

Buka SQLite Editor lalu pilih Setting Storage, lalu pilih settings.db, kemudian pilih global. Lalu lihat dalam list di global tersebut adb_enabled, ganti menjadi 1

Setelah langkah ini, maka USB Debugging di developer options akan otomatis ter-centang

USB.Debugging

2. penambahan line script di build.prop untuk membuat centang USB Debugging tersebut permanent, walaupun setelah reboot (Kecuali sengaja di uncheck, maka untuk check lagi harus mengulang langkah dari awal)

Build.prop

 

Tambahkan persist.service.adb.enable=1 diakhir build.prop

3. reboot androMax V Sobat setelah kedua langkah diatas sukses!

Selesai, sekarang Sobat BukaKotak sudah mempunyai androMax V dengan ROM v2.0.2 terbaru rooted, USB debugging enable dan custom recovery… Sukses!